Cara Mengolah Sayuran Yang Mengandung Vitamin A.


Sering kali kamu mersa kebingungan bagaimana cara mengolah makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel dan yang lainnya, kamu takut kehilangan nutrisi yang bermanfaat saat kamu mengolahnya.

Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat kamu gunakan, untuk mengolah makanan dengan cara yang sehat tanpa menghilangkan kandungan baik yang ada di dalamnya, berikut tipsnya :

1.  Wortel.

Sudah bukan hal aneh lagi jika kandungan yang ada di dalam wortel mempunyai hal baik untuk kesehtan mata, wortel sudah di percaya secara turun menurun untuk mengatasi mata minus. Hal ini terjadi karena wortel memilki zat beta-karoten yang akan di ubah menjadi vitamin A yang meilki fungsi untuk mengatur sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi, membuat sel-sel darah putih menjadi produktif, serta melindungi tubuh dari zat asing yang masuk ke tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat dari wortel, Anda dapat membuat jus segar. Campurkan 4-5 buah wortel berukuran besar dengan 1 apel berukuran sedang, 1 buah pir, dan jahe sekitar 0,5 cm. Haluskan dengan blender hingga halus. Jus siap dinikmati.

2.  Brokoli.

Sama halnya dengan kandungan yang berada dalam wortel, brokoli juga memilki khasiat dalam menjaga kesehatan mata serta memperbaiki kerusakan kulit akibat dari paparan sinar matahari, selain itu kandungan beta karoten yang terdapat pada brokoli dapat mencegah timulnya kanker.

Untuk mendapatkan manfaat dari brokoli, Anda dapat membuat brokoli panggang. Siapkan 3 cangkir brokoli, 3 siung bawah putih cincang, 4 sendok makan margarin dan 4 sendok makan kacang kenari yang dihaluskan. Letakkan brokoli dan bawang putih pada sebuah loyang yang telah dilumuri dengan margarin. Panggang selama 10 menit dan sajikan dengan taburan kacang kenari.

3.  Bayam.

Selain mengandung vitamin A, C, folat dan magnesium, yang bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh. Bayam juga meiliki kandungan karotenoid yang terdiri dari kandungan beta karoten, lutein, dan zeaxanthin yang dapat melindungi mata dari berbagai gangguan penglihatan akibat dari bertambahnya usia seperti rabun senja, penyakit jantung, dan kanker.

Sealain di jadikan sayur, bayam juga bisa kamu buat dalam bentuk  smoothies bayam. Anda dapat mencampurkan 4 cangkir bayam, 2 pisang yang telah dibekukan, dan 1 cangkir air. Untuk penambah rasa, masukkan potongan stroberi atau nanas. Haluskan dengan blender, kemudian bisa langsung diminum.

4.  Labu.

Karena kandungan vitamin A yang dapat mencapai dua kali lipat dari yang di sarankan , membuat labu baik di konsumsi untuk menjaga kesehatan mata kamu, terlebih daging buah labu yang berwarna oranye.

Kudapan yang bisa dibuat dengan bahan dasar labu adalah pai labu. Siapkan 2 cangkir labu dan 2 cangkir biskuit yang dihaluskan. Kemudian, siapkan 3 sendok makan margarin rendah lemak, 2 sendok makan gula merah, 2 sendok teh kayu manis, 350 ml susu bebas lemak, 2 butir telur dan ½ sendok teh pala.

Buat kulit pai dengan mencampurkan biskuit, gula, margarin, dan kayu manis. Bentuk kulit pai di wajan dan panggang selama 5 menit lalu diangkat. Campur bahan-bahan yang tersisa menjadi satu adonan. Tuangkan ke dalam kulit pai dan panggang selama 15 menit dalam suhu tinggi, kemudian turunkan suhu sedang dan panggang selama 35 menit. Pai labu siap dihidangkan.

Meskipun baik untuk kesehatan, vitamin A juga memilki efek negative untuk tubuh. Vitamin A dapat menyebabkan keracunan bila di konsumsi terlalu banayak, konsumsi makanan dengan kandungan vitamin A sesuia dengan porsi yang di anjurkan dan imbangi dengan makanan sumber nutrisi lainnya.

0 Response to "Cara Mengolah Sayuran Yang Mengandung Vitamin A."

Posting Komentar