Cara Penggunaan Obat Tetes Mata Yang Benar.



Saat mata kamu terasa perih atau sakit karena terpapar debu atau polusi jalanan, hal yang pertama akan kamu cari adalah obat tetes mata. Obat ini akan membantu membuat mata kamu menjadi nyaman kembali, namun pernahkan kamu memikirkan kandungan dan bagaimana cara yang tepat saat menggunakan obat tetes mata?.

Jika kamu belum mengetahui hal-hal penting tentang penggunaan dan kandungan pada obat mata, disini kami akan menjelaskannya mengenai bagaimana cara penggunaan yang tepat serta kandungan yang ada di dalamnya.

Kandungan dasar yang dimilki obat tetes mata ini adalah air yang mengandung garam, bahan tambahan untuk obat ini tergantung denagn tujuan penggunaan obat tersebut, misalnya seperti obat untuk pelumas, ait mata buatan, mengatasi kemerahan, dan masih banyak lagi kegunaannya.

Lalu bagaiaman cara pemakaian yang benar dalam penggunaan obat tetes mata ini, berikut tipsnya :

  • Cek botol kemasan obat tetes mata yang akan digunakan. Obat tetes mata harus dalam kondisi steril ketika digunakan.
  • Cuci tangan hingga bersih sebelum menggunakan obat tetes mata.
  • Dongakkan wajah, kemudian tarik kelopak mata bagian bawah dengan perlahan.
  • Tekan kemasan obat tetes mata ke kelopak mata bagian bawah. Kemudian, kedipkan mata agar obat tetes mata itu menyebar ke seluruh bagian mata.
  • Jangan sampai ujung botol atau kemasan obat tetes mata menyentuh permukaan mata. Hal ini perlu diperhatikan untuk mencegah masuknya bakteri.
  • Jika perlu menggunakan beberapa jenis obat tetes mata bersamaan, beri jeda waktu lima menit.
  • Untuk dosis penggunaan, lihat label kemasan produk atau sesuai dengan rekomendasi dokter.
  • Lihat label kemasan mengenai masa pakai obat tetes mata.
  • Jika obat mata yang Anda peroleh dari resep dokter, mintalah penjelasan dokter lebih lanjut mengenai hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan, saat menggunakan obat tetes mata.

Selain itu, sebelum kamu membeli obat tetes mata, kamu harus mengenali gejala sakit mata apa yang kamu alami, karena di apotek terdapat dua jenis obat mata yaitu yang dapat di gunakan untuk mata merah dan produk obat tetes mata jenis artificial tears untuk air mata buatan.

Masing-masing dari 2 jenis obat tetes mata tersebut memiliki fungsi sendiri-sendiri. Misalnya obat tetes yang pertama memilki fungsi untuk mengatasi iritasi pada mata akibat dari gangguan asap atau bisa juga setelah berenang. Hal yang harus kamu perhatikan dari obat tetes mata ini adalah jangan terlalu sering menggunakan obat ini karena dapat mengakibatkan iritsai pada mata.

Sedangkan yang kedua, memilki fugsi untuk mata kering atau terkena iritasi, obat tetes ini tersedia dalam bentuk sekali pakai atau ada juga yang kemasan botol yang dapat digunakan berkali-kali sesuai waktu kadaluarsa yang telah di tentukan.

Ada hal yang harus kamu ingat dari penggunaan obat tetes mata ini, jika penggunaan obat ini tidak memberikan efek perubahan pada mata, justru membuat kondisi mata kamu kian memburuk sebaiknya hentikan dan segera kunjungi dokter spesialis untuk segera mendapat penanganan lebih lanjut.

0 Response to "Cara Penggunaan Obat Tetes Mata Yang Benar."

Posting Komentar